Bebas Visa ke Taiwan dengan ROC Travel Authorization Certificate

Republic of China (ROC)! Atau lebih dikenal dengan nama Taiwan. Adalah satu negara yang berada di selatan Cina dan mereka masih terlibat konflik politik. Cina menganggap Taiwan adalah bagian dari negerinya, sedangkan Taiwan menganggap mereka berdiri secara merdeka.

Bagaimana dengan posisi Indonesia? Jika tidak salah mengerti, kita menganut lebih condong pada ‘One China Policy’ yang mengakui kedaulatan negeri Tiongkok. Tetapi sedikit abu-abu untuk Taiwan. Mungkin itu sebabnya kita tidak memiliki ‘kedutaan’ Taiwan di sini. Yang ada adalah Taipei Economic and Trade Office (TETO).

Terlepas dari situasi politik tersebut, jika dilihat dari kacamata pejalan maka memasuki kedua negara tersebut membutuhkan izin atau visa yang berbeda. Dan beruntunglah bagi pejalan Indonesia, karena memiliki peluang untuk mendapatkan fasilitas bebas visa ke Taiwan.

Mungkin tidak sepenuhnya tepat juga jika disebut ‘bebas visa’ karena sebenarnya pejalan dibekali surat sakti lainnya bernama ‘sertifikat otorisasi perjalanan ROC’. Atau dalam bahasa Inggris: ROC Travel Authorization Certificate. Surat ini harus dibawa ketika akan memasuki Taiwan.

Sertifikat ini dapat diberikan bagi mereka yang memiliki visa valid dari negara-negara maju (lihat daftarnya di bawah). Dan kabar baiknya, Jepang termasuk di dalam daftar negara tersebut. Bukan hanya ‘visa biasa’ Jepang, tetapi juga visa waiver atau bebas visa-nya Jepang seperti yang proses pengajuannya sempat saya ulas di tautan berikut.

Ada kemungkinan visa Australia (termasuk Work & Holiday Visa) pun bisa diajukan, tetapi saya belum pernah mencobanya. Silakan klik kalimat berikut untuk mereka yang mencari informasi tentang Work & Holiday Visa di Australia.

Kehadiran sertifikat ini jelas merupakan kabar baik bagi pejalan yang merencanakan pengembaraan ke Asia Timur. Setidaknya Taiwan dan Jepang dapat dikunjungi tanpa harus membayar visa (iya, gratis) dan prosesnya pun super mudah!

Kabar baik lainnya, proses pengajuannya dilakukan secara daring, online bagi mereka yang belum familiar. Murni daring sepenuhnya, 100% online, tanpa harus datang ke kantor sekalipun. Saya pun mencobanya, dan menjumpai kabar super baik lainnya.

Sertifikatnya langsung jadi! Prosesnya sangat cepat. Hanya isi, klik sana – klik sini, asal jangan klik komputer milik orang di sebelah Anda. Lalu dalam seketika muncullah dokumen dalam format PDF yang harus dicetak dan dibawa ketika akan memasuki Taiwan.

Sudah, seperti itu saja. Dan tulisan ini pun selesai! Sampai jumpa di post berikutnya!!

.

.

.

.

Oh sebentar, masih perlu informasi lebih mendetil tentang syarat dan prosedurnya ya. Baiklah. Silakan baca beberapa paragraf di bawah ini.

 

Kondisi dan Syarat

Sesuai yang ditulis di website resmi yang alamatnya dapat dicek di bawah, persyaratan dasar agar seseorang berhak untuk mengajukan permohonan sertifikat otorisasi perjalanan ROC adalah:

  1. Pejalan harus memiliki visa atau dokumen yang sah dari negara yang ditetapkan (lihat di bawah)
  2. Paspor harus valid selama setidaknya enam bulan semenjak kedatangan di Taiwan
  3. Tidak pernah menjadi pekerja pabrik atau buruh di Taiwan
  4. Memiliki tiket pulang-pergi

 

Terkait poin nomor 1, negara-negara yang dimaksud adalah: Australia, Selandia Baru, Kanada, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Amerika Serikat, atau negara-negara Eropa dalam kawasan visa Schengen.

Sedangkan dokumen yang dianggap berlaku adalah sebagai berikut:

  1. Kartu izin tinggal sementara atau Kartu izin tinggal tetap yang masih berlaku
  2. Visa masuk yang sah (visa elektronik diperbolehkan)
  3. Kartu izin tinggal atau visa yang telah berakhir kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.

 

Berdasarkan update yang dilihat di halaman pendaftaran, mereka yang pernah memiliki visa Taiwan dalam 10 tahun terakhir (kecuali visa pekerja), juga boleh mengajukan permohonan sertifikat ini. Lalu menilik poin C lebih jauh, saya menangkap bahwa sebenarnya mereka yang pernah mengunjungi negara yang disebutkan di atas dalam 10 tahun terakhir, bukan hanya mereka yang masih memiliki visa valid, berhak untuk mengajukan permohonan ini juga.

Tapi itu hanyalah interpretasi saya. Semoga saja benar. Jika ada yang memiliki pengalaman, mohon kesediaannya berbagi di kolom komentar di bawah J

 

Prosedur Pengajuan

Seperti sudah dituliskan, prosedurnya sangat-sangat mudah, gratis, dan dilakukan sepenuhnya secara daring. Pejalan hanya perlu mengunjungi tautan resmi berikut.

Bacalah segala pengumuman dan ketentuan yang ada di sana. Agar benar-benar paham tentang maksud dan aturan dari sertifikat otorisasi perjalanan Taiwan ini.

Lalu isi kolom-kolomnya.  Dan begitu selesai, maka muncullah sertifikasi dalam bentuk file PDF yang dinanti!

Cetak file tersebut. Dan simpan sebagai bekal penting untuk memasuki Taiwan.

Saya sendiri belum sempat mencoba keampuhan surat ini. Sehingga tidak tahu juga apakah bisa hanya menunjukkan versi digital dari sertifikat ini pada petugas imigrasi. Namun sepertinya tidak perlu ambil resiko, apalagi hanya seberat ‘sehelai’ kertas. Bukan sesuatu yang merepotkan.

Lebih repot jika hanya karena lupa membawa sehelai kertas ini, maka rencana perjalanan menjadi berantakan. Atau tidak bisa memasuki negara tersebut. Semoga tidak terjadi.

 

Taiwan Here I Come!!

Begitulah ulasan trik bebas visa, atau lebih tepatnya mendapatkan sertifikasi otorisasi perjalanan ROC. Mudah, sangat mudah. Mungkin jauh lebih mudah daripada masuk surga (*ini paragraf apaan sih).

Jika kembali dirangkum, maka informasi esensialnya adalah:

  1. Pejalan harus memiliki visa dari negara-negara yang disebut
  2. Lalu melakukan registrasi secara online
  3. Membawa versi cetak dari sertifikasi tersebut

Dengan berbekal surat ini, maka pejalan bisa bebas memasuki Taiwan selama 30 hari per kunjungan, dalam periode selama 90 hari. Sifatnya multiple entry, jadi pejalan bisa keluar-masuk Taiwan dalam periode waktu yang ditetapkan. Jika sudah lebih dari 90 hari, maka pejalan harus kembali memperbaharui sertifikat yang dimiliki.

Sudah, begitu saja. Jika ada pertanyaan, mohon mencoba mencari referensi lebih banyak atau menelepon pihak berwenang yang lebih berhak menjawab. Atau bisa juga ditanyakan d kolom komentar di bawah, siapa tahu saya bisa membantu. Tapi mohon ulasannya dibaca ulang ya, siapa tahu sebenarnya sempat disinggung.

Dan tentu saja  saya sangat menyarankan untuk kembali mengecek referensi asli di bawah ini. Demi informasi yang lebih detil dan akurat.

Selamat jalan ke Taiwan!

 

 

Referensi:

http://www.roc-taiwan.org/id_en/post/1289.html
https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s